Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut 10 Aplikasi Editing Video Untuk PC

Dengan semakin populernya media sosial berbasis video seperti tiktok, youtube, snack video dan sebagainya. 


Banyak orang yang mulai tertarik untuk menyentuh dunia video editing yang mana sebelumnya hanya sebatas pada mereka para wedding organizer, film-maker, travel, dan sejenisnya. Kami akan menjelaskan beberapa aplikasi editor terbaik yang bisa digunakan untuk PC atau Laptop. Berikut ini kami jelaskan :




Adobe Premiere Pro

Adobe inc adalah sebuah perusahaan perangkat lunak komputer multinasional, siapa yang tidak kenal adobe. Adobe terkenal sebagai pembuat software multimedia. 


Adobe menawarkan kemudahan dan beragam fitur untuk menunjang dalam pengeditan video yang bagus. Aplikasi Adobe Premiere Pro adalah sebuah aplikasi penyunting video yang biasa digunakan oleh para profesional.


EaseUS Video Editor

Jika kalian mencari software video editor yang simple dan praktis namun tetap dilengkapi dengan berbagai fitur canggih baik dari segi efek visual maupun audio, kalian bisa gunakan EaseUS Video Editor. 


Karen EaseUS Video Editor merupakan software all in one yang sangat mudah digunakan untuk berbagai keperluan editing mulai dari memotong atau membagi – bagi / memecah video, membagi ukuran gambar, menggabungkan, memutar video, mengkompilasi klip video, menambahkan efek transisi, grading warna dan seterusnya.


HitPaw

HitPaw Toolkit. Perangkat lunak HitPaw memiliki segala fitur penting yang dibutuhkan untuk mengedit video, mulai dari fitur edit crop, rotate, menambahkan musik, convert video, menyesuaikan speed video, stop motion, dan masih banyak lagi. Jika kalian sedang mencari online video cutter yang dapat diandalkan maka HitPaw sangat layak untuk dicoba.


Corel VideoStudio Ultimate

Salah satu kelebihan Corel VideoStudio Ultimate dibanding versi Pro yaitu, dapat menerapkan stabilisasi video untuk memperbaiki rekaman yang goyah dengan proDad Mercalli. Fitur sangat berguna untuk memperbaiki video genggam yang goyah dan pengambilan gambar aksi bergelombang, sehingga hasilnya lebih baik.


VideoStudio Ultimate memungkinkan untuk mengubah foto dan video menjadi film dengan masking dan gradasi warna yang ditingkatkan, alat video pintar baru, kinerja yang dioptimalkan, dan efek premium. Aplikasi ini tergolong intuitif, sehingga bisa dipelajari dan digunakan dengan mudah oleh semua tingkat keahlian.


CyberLink PowerDirector

CyberLink PowerDirector adalah aplikasi editor video yang banyak dipilih oleh para kreator di banyak negara di dunia. Dengan menggunakan PowerDirector kalian dapat memotong, memperbaiki, menambahkan efek, dan menerbitkan. 


PowerDirector menawarkan alat pengeditan yang hebat dengan alur kerja yang intuitif. Selain itu kalian dapat membuat konten yang menarik dengan efek-efek baru yang kuat, antarmuka pengguna yang efisien, dan pustaka sumber daya yang terus berkembang. 


Dengan berbagai kelebihannya, tak heran jika aplikasi ini mendapatkan sejumlah award dari beberapa media teknologi kelas dunia.


Apple Final Cut Pro X

Aplikasi editor video Apple Final Cut Pro X dikembangkan oleh Apple untuk produk Mac. Final Cut Pro menggabungkan pengeditan video revolusioner dengan pengaturan media yang kuat dan kinerja yang luar biasa. 


Dengan alur kerja proxy yang ditingkatkan, Final Cut Pro memungkinkan untuk mentranskode media resolusi penuh, membawa proyek 4K atau 8K, dan berbagi perpustakaan tanpa hambatan dengan editor di mana pun di dunia. 


Selain itu, ia menampilkan alat pembelajaran mesin modern yang secara otomatis mengubah proyek layar lebar menjadikannya ukuran khusus untuk media sosial.


Pinnacle Studio

Software Pinnacle Studio cocok untuk kalian yang ingin  belajar mengedit video, software yang murah dengan fasilitas terlengkap, berbagai macam fitur-fitur editing video yang bisa kalian manfaatkan. 


Kalian bisa mengasah kreativitas penyuntingan video dengan aplikasi Pinnacle Studio. Kualitas yang disajikan oleh Pinnacle studio terbilang cukup baik.


Adobe After Effects

Adobe After Effects adalah aplikasi efek visual digital, grafik gerak, dan komposisi yang dikembangkan oleh Adobe Inc untuk digunakan dalam proses pasca produksi pembuatan film, video game, dan produksi televisi. 


After Effects dapat digunakan untuk penguncian, pelacakan, pengkomposisian dan animasi.

Dengan aplikasi Adobe After Effects kalian bisa membuat judul, intro, dan transisi film sinematik, menghapus objek dari klip, membuat animasi logo atau karakter, membuat navigasi dan mendesain dalam ruang 3D. 


Adobe After Effects menawarkan beberapa pilihan lisensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.


Shotcut

Shotcut sebagai aplikasi edit video di PC yang paling bisa dindalkan. Shotcut menawarkan interface yang sangat friendly. Selain antarmuka yang simpel, fitur di dalamnya juga sangat beragam, kita bisa melakukan trimming pada setiap video klip yang ada. 

 
Bukan hanya itu saja, kita bisa melakukan Append, insert, overwrite, lift, danripple delete editing pada satu timeline video yang sedang diedit. 


Menariknya, kita juga bisa mendeteksi audio di video yang akan diedit. Kemudian hasilnya bisa kita simpan dengan berbagai resolusi. Bahkan bisa di-save dengan resolusi 4K.


VSDC

VSDC termasuk perangkat lunak yang bagus karena fitur-fiturnya yang lebih lengkap. Aplikasi free tanpa watermark. Beberapa fitur software editing video pada VSDC diantaranya terdapat efek transisi, menambahkan audio, memotong video. 


Demikian beberapa aplikasi Editing Video yang bisa digunakan pada PC / Laptop, semua aplikasi ada kelebihan dan kekurangannya, namun yang terpenting adalah fungsi dan fitur aplikasi tersebut bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. 


Jika hanya untuk editing video sederhana kita bisa gunakan aplikasi yang ringan saja.