Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melihat Folder dan File Tersembunyi Pada Kartu SD HP

Kartu SD atau Micro SD Card

Kartu SD berguna untuk membacking ketika memori internal dari sebuah smartphone penuh atau memang kita ingin smartphone tetap ringan maka dibantu  dengan Kartu SD atau memori eksternal adalah salah satu solusinya. 


Perlunya memori eksternal untuk smartphone yang kapasitas memori internalnya sedikit atau kurang, juga perlu memori eksternal ketika aktifitas digital padat atau banyak, sehingga moment tersebut harus disimpan dalam memori.


Terlapas memori eksternal berupa SSD, flashdisk ataupun micro SD yang pasti memori sangat penting guna meningkatkan daya penyimpanan sebuah aplikasi, tetapi kita juga perlu tahu kapasitas device yang kita miliki bisa kuat menampung berapa kapasitas. 


Karena jika dipaksakan melebihi kapasitas bawaan pabrik maka tidak disarankan karena akan menimbulkan error pada sebuah aplikasi.


Pada Smartphone. Sering kali kita kebingungan untuk mengecek mana folder dan file yang termasuk ke dalam Kartu SD. 


Perlu kita mengetahui pemisahan antara memori internal dan eksternal pada smartphone guna memanagement pemyimpanan. Jangan sampai kita pasang Kartu SD dan ternyata kartu tersebut tidak terbaca oleh smartphone atau memang memori Kartu SD sudah rusak sehingga tidak bisa dibaca oleh smartphone.



Berikut ini kami akan menjelaskan bagaiaman cara mengecek kartu SD yang sudah masuk atau terbaca pada smartphone.


Check Memori Eksternal (Kartu SD)

SD Card atau Kartu SD pada Smartphone berlokasi di Folder File Manager. Untuk mengcek Kartu SD masuk atau tidaknya, di file manager kita bisa melihat hasilnya. 


Pada kesempatan ini kami menggunakan Smartphone Xiaomi, untuk hp jenis lainnya sama, pasti penyimpanan berada di file manager.

Disini terlihat Kartu SD /15.93GB secara Total atau dalam Spesifikasinya ditulis 16GB



Pada halaman selanjutnya pun sama, diterangkan bahwa Tersedia 15,79GB – Total 15,93GB jadi terpakai 0,14
Scroll kebawah ada 3 pilihan :



  • Lepaskan Kartu SD : Tombol untuk melepas atau Eject guna mengeluarkan kartu SD dari aplikasi. Jika ingin pakai Kartu SD kembali klik tombol pasang Kartu SD.
  • Setelan Penyimpanan : Tombol setelan penyimpanan digunakan untuk setting Kamera, Tema, Galleri dimana ketiga folder tersebut bisa kita alihkan penyimpanannya dari memori internal ke memori eksternal, setting peralihan penyimpanan tersebut dilakukan melalui Setelan Penyimpanan.
  • Format Kartu SD : Tombol untuk memformat atau menghapus keseluruhan folder dan file yang disimpan di memori eksternal (Kartu SD).


Contoh Format Kartu SD

Pada contoh ini kita klik tombol Format kartu SD >> Lanjut klik Format Kartu SD
Sampai disni SD Card sudah terformat tetapi hanya folder dan file yang terlihat saja. Sementara folder dan file yang tersembunyi tidak terformat.


Mengecek Folder & File Pada Memori

Pada tampilan awal File Manager terlihat daftar beberapa folder dan beberapa file. Lihat pada header (berada diatas) terdapat Dropdown yaitu icon panah kebawah. Klik Dropdown tersebut akan ada list yang tampil : 
  • Memori Internal
Penyimpanan bersama internal. Daftar folder dan file yang tampil, penyimpanannya menggunakan memori internal.

  • Memori Eksternal (Kartu SD)
Pilih klik Kartu SD



Setelahnya. Akan tampil seluruh folder dan file dari penyimpanan Kartu SD. 
Jika ingin menghapus beberapa folder dan file dari Kartu SD, kita bisa lakukan dengan cara ini.

  • Penyimpanan untuk apl ganda
Menampikan daftar aplikasi yang dijadikan ganda pada fitur yang dimiliki smartphone.


Menampilkan Folder & File Tersembunyi Di Kartu SD

Pada kartu SD terdapat sebuah folder dan atau file yang disembunyikan secara otomatis oleh aplikasi smartphone, folder dan atau file tersebut bisa kita tampilkan dan juga bisa dihapus. 


Lanjutan dari cara sebelumnya, untuk menampilkan folder dan file yang tersembunyi pada Kartu SD lakukan sebagai berikut :
Klik icon titik tiga >> Pilih klik Tampil berkas tersembunyi


Cara yang sama bisa dilakukan untuk memori inernal. Dengan melakukan hal tersebut maka akan muncul folder dan file tersembunyi.


Problem Format Micro SD / Kartu SD Pada PC

Jika kalian mengalami kesusahan tidak berhasil memformat Micro SD card pada PC, biasanya karena ada folder dan file tersembunyi dan telah terproteksi. Folder dan file tersebut bisa dieksekusi, salah satunya dengan menggunakan smartphone.

File protect tersebut, jika dihapus lewat smartphone besar kemungkinan bisa berhasil, baru kemudian kita format melalui PC.