Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Header Mengulang Word 2019

Pengertian Header

Header adalah bagian dari document yang letaknya berada dibagian atas document. Header umumnya mengandung informasi tambahan seperti nomor halaman, penamaan lembaga, organisasi dalam membuat surat atau formulir dan sebagainya.


Perlunya membuat header untuk identifikasi pada sebuah page atau lembar halaman yang dibuat. Pada microsoft word fitur untuk pembuatan header disediakan. 


Secara otomatis jika menggunakan fitur header kita tidak perlu membuat header dilembar berikutnya, ia akan otomatis mengulang jika pindah halaman atau page. 


Dengan adanya fungsi header tersebut, kita tidak perlu membuat ulang header, cukup dibuat 1 kali untuk semua halaman. Jika ingin merubah cukup ubah di header tersebut maka semua ikut berubah.



Membuat Header Pada Microsoft Word

Pada kasus ini kita akan membuat header mengulang setiap kali berganti page pada microsoft word. Cukup dibuat 1 kali maka akan otomatis berulang setiap beralih halaman pada microsoft word. 


Header mengulang cocok bila digunakan ketika kita ingin membuat sebuah laporan, dsb. Berikut cara agar header bisa mengulang jika berganti halaman pada microsoft word.

  • Pertama pastikan sudah membuka aplikasi microsoft word, kemudian isi dengan sebuah tulisan, apa saja tulisannya bebas, hanya untuk contoh.
  • Setelah menulis pada page microsoft word. Klik menu bar Insert (dibagian atas)
  • Beralih ke arah kanan terdapat Header & Footer. Klik Header tersebut >> Lalu klik Blank

  • Selanjutnya pada lembar microsoft word header akan aktif. Kemudian hapus text [Type here] dengan menekan tombol Backspace atau Delete, agar text tersebut tidak menghalangi atau kalian bisa langsung mengetik saja pada text [Type here].


Memasukan Text Pada Header

  • Pada contoh ini kita sudah membuat text di bagian header dengan tulisan "Make Text In Header" dengan format rata tengah, pewarnaan dan huruf diperbesar.


Memasukan Gambar Pada Header

  • Setelah mengetik text dibagian header, kita ingin memasukan gambar, sesuai kebutuhan yang diinginkan. Denagan cara : Klik Menu bar Insert >> Pictures >> This Device >> Kemudian akan dibawa ke halaman window explorer.
  • Setelah dibawa ke halaman window explorer, cari lokasi gambar yang ingin kita masukan ke dalam page Ms Word >> Klik pilih gambar >> Klik Insert (dibagian bawah)
  • Gambar logo microsoft word yang dipilih telah masuk ke bagian header, kita bisa alihkan gambar tersebut atau atur posisi dan ukurannya.


Non Aktifkan Header

Jika sudah selesai mengisi header, kemudian non aktifkan header, sebagai berikut : 
Klik menu Header & Footer >> Lalu klik Close Header and Footer atau jika ingin simple tekan saja tombol ESC (ESCAPE) pada keyboard.


Mengaktifkan Header

Bila mana ingin mengubah, menghapus atau menambahkan item lainnya pada bagian header. Kita aktifkan  headernya. Untuk mengaktifkannya sebagai berikut :
Klik ganda pada bagian atas dari page. Otomatis header akan aktif .


Melihat Hasil Header Mengulang

Dengan melakukan cara diatas, kita sudah membuat header otomatis. Untuk melihat hasil header mengulang secara otomatis, caranya : 
Pada lembar word. Tekan enter sampai bertambah lembar baru atau tekan tombol Ctrl +  Enter.


Agar terlihat menjadi beberapa bagian dalam 1 monitor kita klik menu view >> Multiple Pages. Hasilnya otomatis header mengulang setiap kali berganti page. Cukup buat header satu kali kita bisa menggunakannya berulang-ulang, sangat dinamis, efisien waktu.


Perlu diketahui, kita bisa menyisipkan apapun di dalam header misalnya text, gambar, table, shape, dsb. Hal yang sama bisa dilakukan untuk membuat Footer (bagian bawah dari page). Dengan cara diatas kita sudah mengimplementasikan pembuatan header otomatis.