Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Home, Command, Ribbon Pada Microsoft Excel

Menu Pada Microsoft Office

Menu adalah daftar yang ditampilkan untuk mengelompokan beberapa tool, fungsi, fitur yang disesdiakan oleh sebuah aplikasi. 


Dengan dibuatnya menu memudahkan pengguna dalam menggunakan sebuah aplikasi. Banyaknya tool, fungsi, fitur yang disediakan tanpa menu, maka sebuah aplikasi akan terlihat kurang rapih. 


Menu sangat penting dalam pembuatan aplikasi karena dapat menggolongkan fungsi-fungsi tertentu  yang terdapat pada aplikasi, hal ini dilakukan agar tampilan sebuah aplikasi lebih rapih, mudah difahami dan dapat digunakan oleh pengguna dengan mudah.



Command (Perintah)

Isi dari tab menu tersebut dinamakan command (perintah).  Di dalam command sendiri dibuat group seperti font, paragraph, styles, dsb. 


Terdapat banyak perintah yang bisa digunakan pada aplikasi micorosf office, seperti memberi warna text, ukuran text, memasukan tabel, diagram dan sebagainya. 


Perintah atau command digunakan dalam mengatur penulisan, perhitungan, mempercantik tampilan, memasukan objek dan lain sebagainya. Menu dan command disebut dengan ribbon.




Macam – Macam Menu Bar Pada Microsoft Excel

Menu File dan Kegunaan Secara Umum

Menu File umumnya digunakan untuk menyimpan file , membuka, export, melihat lokasi file yang disimpan, memodifikasi tampilan seperti menambahkan menu developer untuk pemembuatan aplikasi dengan VBA, print atau pencetakan document, melihat versi office dan berbagai fitur lainnya.


Menu Home dan Kegunaan Secara Umum

Menu Home umumnya digunakan untuk mengatur tulisan, pewarnaan, ukuran, jenis huruf, merger garis table, mengganti format isi table baik  format uang, number text string, membuat lebar row dan coloumn, melakukan delete, format, format kondisi dan seterusnya.


Menu Insert dan Kegunaan Secara Umum

Menu Insert umumnya digunakan untuk memasukan object tertentu. Pada menu Insert kita bisa memasukan diagram, bagan, simbol, gambar, table, rumus, object seperti shape berupa kotak, persegi, panah, smart-art untuk bagan, pivot table dan seterusnya.


Menu Page layout dan Kegunaan Secara Umum

Menu page layout umumnya digunakan untuk mengatur ukuran, margin, orientasi, membuat page break, memasukan background berupa gambar, menampilkan heading, grid, mengganti tema excel dan seterusnya.


Menu Formulas dan Kegunaan Secara Umum

Menu Formulas digunakan untuk memasukan function, menampilkan rumus, berbagai rumus yang disediakan excel mulai dari Autosum. Resntly Used, Financial, Logical, Text, Date & Time, Lookup & References, Math & Trig, More Function, calculate dan seterusnya.


Menu Data dan Kegunaan Secara Umum

Menu Data digunakan untuk sortil data, filtering, menghubungkan data atau database ke excel, membuat group colom dan row, Data validation, menampilkan query database, membuat table otomatis dan seterusnya.


Menu Review dan Kegunaan Secara Umum

Menu Review digunakan untuk cek bahasa, membuat commentar, protect sheet, workbook, translate dan seterusnya.


Menu View dan Kegunaan Secara Umum

Menu View digunakan untuk menampilkan layout bentuk normal, mengecilkan layout, menampilkan grid, heading ini juga terdapat di menu page layout, zoom page, normal screen 100%, menampilkan split, Freeze panes, membuat lembar kerja baru, membuat macros dan seterusnya.


Menu Developer dan Kegunaan Secara Umum

Menu Developer digunakan untuk pembuatan aplikasi VBA, pada menu ini pembahasan excel lebih advance karena berkaitan dengan coding dan pembuatan aplikasi.


Menu Help dan Kegunaan Secara Umum

Menu Help digunakan untuk meminta bantuan pada team microsoft jika terjadi masalah yang berkaitan dengan office.


Menu Lainnya 

Menu lainnya adalah menu yang tidak ditampilkan pada menu yang dijelaskan diatas, jika ingin menambahkan menu lainnya bisa di implementasikan melalu menu file >> More >> Option >> Pilih Customize Ribbon.

Sampai disini kita sudah mengetahui fungsi – fungsi pada ribbon yang sering digunakan dalam micrososft excel, fungsi lainnya kalian bisa coba sendiri.