Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Home, Command, Ribbon Pada Microsoft Word

Menu Pada Microsoft Office

Menu adalah daftar yang disajikan untuk mengelompokan sebuah fungsi tertentu pada suatu aplikasi, dengan tujuan agar mempermudah user dalam menjalankan aplikasi tersebut. 


Tanpa menu pada sebuah aplikasi akan terlihat seperti kurang elok. Menu sangat penting dalam pembuatan aplikasi karena dapat menggolongkan fitur - fitur yang terdapat pada sebuah aplikasi, sehingga  menu perlu dibuat agar tampilan dari sebuah aplikasi lebih rapih, mudah difahami dan dapat digunakan dengan mudah oleh user.



Letak menu pada umumnya berada dibagian atas, begitupun pada microsoft office Word, Excel, Powerpoint terdapat menu dibagian atas lembar kerja. Menu tersebut dinamakan Menu Bar atau Tab Menu seperti Home, Insert, Layout, dan sebagainya.


Command (Perintah)

Isi dari tab menu tersebut dinamakan command (perintah).  Didalam command sendiri dibuat group seperti font, paragraph, styles, dsb. 


Terdapat banyak perintah seperti memberi warna text, ukuran text, memasukan tabel, diagram, dsb. Perintah atau command ini yang kita gunakan dalam mengatur penulisan, perhitungan, mempercantik tampilan dsb. Menu berisi command, antara tab menu dan command disebut ribbon.



Macam – Macam Menu Bar Pada Microsoft Word

Menu File dan Kegunaan Secara Umum

Menu File umumnya digunakan untuk menyimpan , membuka, export file, melihat lokasi file yang disimpan, menambhakan atau mengurangi tampilan pada menu bar, print atau pencetakan document dan berbagai fitur pada microsoft word.


Menu Home dan Kegunaan Secara Umum

Menu Home umumnya digunakan untuk mengatur tulisan, pewarnaan, ukuran, jenis huruf, penomoran, paragraph, pencarian kata atau find, replace tulisan yang salah, memberikan judul, subjudul, dst.


Menu Insert dan Kegunaan Secara Umum

Menu Insert umumnya digunakan untuk memasukan object, sesuai dengan namanya insert. Pada menu Insert kita bisa memasukan diagram, bagan, komentar, gambar, table, rumus, object seperti shape kotak, persegi, panah dst.


Menu Design dan Kegunaan Secara Umum

Menu Design umumnya digunakan untuk memberikan tema pada text atau format dokumen, pewarnaan pada lembar kerja, watermark, dst.


Menu Draw dan Kegunaan Secara Umum

Menu Draw digunakan untuk menggambarkan garis atau pola tertentu, dengan menggunakan pen yang ada di menu draw kita bisa bebas mencoret di lembar kerja, selain itu kita bisa membuat tanda tangan, dsb.


Menu Layout dan Kegunaan Secara Umum

Menu Layout umumnya digunakan untuk mengatur ukuran lembar kerja, margin (jarak antar batas dari lembar kerja), model lembar dibuat vertical atau horizontal, menambah Page, menampilkan layer (selection Pane), dst.


Menu Reference dan Kegunaan Secara Umum

Menu Reference umumnya digunakan untuk membuat daftar isi otomatis, update daftar isi, Citition atau kutipan, footnote, dst.


Menu Mailings dan Kegunaan Secara Umum

Menu Mailings umumnya digunakan untuk membuat data melalui word itu sendiri atau mengambil data dari excel dengan fungsi tersebut, kita tidak perlu menulis nama secara manual dilembar kerja, cukup tulis pada tempat penyimpanan data, lalu kita panggil datanya tanpa harus menulis lagi, ketika diperlukan bisa dipanggil.


Menu Review dan Kegunaan Secara Umum

Menu Review umumnya digunakan untuk translate bahasa dari bahasa indonesia ke bahasa inggris. Check ejaan apakah sudah benar atau belum, melihat jumlah tulisan atau kata, tulisan di convert menjadi suara, hal ini bisa dilakukan jika malas membaca, cukup gunakan fitur Read Alound Speech.


Menu View dan Kegunaan Secara Umum

Menu View umumnya digunakan untuk memperbesar jarak pandang atau zoom lembar kerja, menampilkan grid, ruler atau penggaris, membelah lembar kerja (split), dst.


Menu Help dan Kegunaan Secara Umum

Menu Help sesuai dengan namanya digunakan untuk meminta bantuan pada team microsoft jika terjadi masalah. Tetapi pada kenyataannya jarang sekali orang memakai fasilitas ini karena jika terjadi masalah user lebih memilih browsing ke internet, terlebih jika office yang digunakan adalah bajakan.


Menu Lainnya 

Secara default menu yang ditampilan oleh microsoft word hanya yang kita jelaskan diatas. Sebenarnya Masih banyak menu lainnya pada micorosoft word yang bisa kita tampilkan dilembar kerja dengan memodifikasinya melalui menu file.


Sampai disini kita bisa memahami masing – masing fasilitas yang tersedia pada menu microsoft word, yang sering digunakan.


Selamat mencoba.