Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menu Home, Command, Ribbon Pada Microsoft Powerpoint

Menu Pada Microsoft Office

Menu adalah daftar yang disajikan untuk grouping beberapa fasilitas yang disesdiakan oleh sebuah aplikasi, dalam hal ini memudahkan client atau user. 


Banyaknya Fungsi atau fitur yang disediakan Tanpa menu, maka sebuah aplikasi akan terlihat acak dan kurang efisien. 


Menu sangat penting dalam pembuatan aplikasi karena dapat menggolangkan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi, hal ini dilakukan agar tampilan sebuah aplikasi lebih rapih, mudah difahami dan dapat digunakan oleh user dengan mudah.



Letak menu pada umumnya berada dibagian atas, begitupun pada microsoft office Word, Excel, Powerpoint terdapat menu dibagian atas lembar kerja. Menu tersebut dinamakan Menu Bar atau Tab Menu seperti Home, Insert, Layout, dsb.


Command (Perintah)

Isi dari tab menu tersebut dinamakan command (perintah).  Didalam command sendiri dibuat group seperti font, paragraph, styles, dsb. 


Terdapat banyak perintah seperti memberi warna text, ukuran text, memasukan tabel, diagram, dsb. 


Perintah atau command ini yang kita gunakan dalam mengatur penulisan, perhitungan, mempercantik tampilan, memasukan objek dan lain sebagainya. Menu dan command kita sebut dengan ribbon.



Macam – Macam Menu Bar Pada Microsoft Powerpoint

Menu File dan Kegunaan Secara Umum

Menu File umumnya digunakan untuk menyimpan file , membuka, export, melihat lokasi file yang disimpan, menambahkan atau mengurangi tampilan yang tedapat pada menu bar, print atau pencetakan document dan berbagai fitur lainnya.


Menu Home dan Kegunaan Secara Umum

Menu Home umumnya digunakan untuk mengatur tulisan, pewarnaan, ukuran, jenis huruf, penomoran, paragraph, pencarian kata atau find, replace tulisan yang salah , new slide, text direction horizontal atau vertical dan seterusnya.


Menu Insert dan Kegunaan Secara Umum

Menu Insert umumnya digunakan untuk memasukan object tertentu berupa shape, gambar. Pada menu Insert kita bisa memasukan diagram, bagan, komentar, gambar, table, text box, video, audio, slide number dan seterusnya.


Menu Design dan Kegunaan Secara Umum

Menu Design umumnya digunakan untuk memberikan tema presentasi atau template, ukuran slide, background slide dan seterusnya.


Menu Draw dan Kegunaan Secara Umum

Menu Draw digunakan untuk menggambarkan garis atau pola tertentu, dengan menggunakan pen yang ada di menu draw kita bisa bebas mencoret di lembar kerja, selain itu kita bisa membuat tanda tangan dan sebagainya.


Menu Transitions dan Kegunaan Secara Umum

Menu Transitions digunakan untuk memasukan pergerakan pada template atau slide yang ada di powerpoint. Transition untuk mengalihkan slide satu ke slide lainnya dengan gaya pergerakan animasi tertentu. Perlunya menggunakan transition agar presentasi tidak membosankan.


Menu Animations dan Kegunaan Secara Umum

Menu Animations digunakan untuk pergerakan per item yang ada di dalam slide, item tersebut bisa berupa gambar, text, shape dan sebagainya. Item tersebut bisa kita atur pergerakannya melalui beberapa efek yang telah disediakan dan bahkan kita bisa custom pergerakannya.


Menu Slide Show dan Kegunaan Secara Umum

Menu Slide Show digunakan untuk menjalankan hasil slide yang dibuat. Pada menu ini kita bisa membuat video recording yaitu video dengan suara kita secara langsung dan pengaturan slide lainnya.


Menu Reord dan Kegunaan Secara Umum

Menu Record digunakan untuk screenshot, export video, memasukan audio dan video, misalnya ketika presentasi kita bisa memasukan video atau suara dari hasil rekaman, yang diambil dari memori PC.


Menu Review dan Kegunaan Secara Umum

Menu Review umumnya digunakan untuk translate bahasa dari bahasa indonesia ke bahasa inggris. Check ejaan apakah sudah benar atau belum, membuat commentar dan show comment.


Menu View dan Kegunaan Secara Umum

Menu View umumnya digunakan untuk memperbesar jarak pandang baik zoom in maupun zoom out lembar kerja, menampilkan grid, ruler atau penggaris, memilih model tampilan template.


Menu Help dan Kegunaan Secara Umum

Menu Help sesuai dengan namanya digunakan untuk meminta bantuan pada team microsoft jika terjadi masalah. Tetapi pada kenyataannya jarang sekali user memakai bantuan tersebut, karena menggunakan cara ini terlalu lama. User lebih memilih browsing ke internet.


Menu Penyesuaian

Menu penyesuaian adalah menu yang hanya tampil ketika mengklik item atau object berupa gambar, shape, svg. Ketika object tersebut di klik maka menu penyesuaian akan muncul. 


Menu penyesuaian berguna untuk setting, memberi design atau gaya dari oject tersebut. Ada 3 menu penyesuaian yang biasa kami gunakan, diantaranya :

1. Menu Shape Format
Menu shape format akan muncul ketika item yang di klik adalah bentuk shape. Pada menu tersebut terdapat perintah yang bisa kita gunakan diantaranya : 

Memberi (warna outline, fill), (text outline, fill), mengatur posisi depan atau belakang, mengatur letak baik ke tengah, samping kiri kanan, atas bawah, menampilkan selection pane atau layer dan seterusnya.
 


2. Menu Picture Format
Menu Picture Format akan muncul ketika item yang di klik adalah bentuk gambar file bitmap seperti png, jpg dan seterusnya. 


Pada menu tersebut terdapat perintah yang bisa kita gunakan diantaranya : memberi bingkai, reset picture bingkai, memberi warna hitam putih atau lainnya pada gambar, effect 3D, cropping, tata letak gambar, menampilkan layer atau selection pane, memeberi border, posisi depan belakang dan seterusnya.
 


3. Menu Graphics Format
Menu Graphics Format akan muncul ketika item yang di klik adalah bentuk gambar file vector seperti svg. Pada menu tersebut terdapat perintah yang bisa kita gunakan diantaranya :

 
Memberi bingkai, memberi warna fill atau outline pada gambar, cropping, tata letak gambar, menampilkan layer atau selection pane, mengatur posisi depan belakang dan seterusnya.
 


Menu Lainnya 

Secara default menu yang ditampilan oleh microsoft powerpoint hanya yang kita jelaskan diatas. Tentu masih banyak menu lainnya pada micorosoft powerpoint yang bisa ditampilkan dilembar kerja, melalui menu file. Pada menu file tersebut kita bisa menambahakan menu lainnya.

Sampai disini kita sudah tahu ribbon yang sering digunakan dalam pembuatan micrososft powerpoint, fungsi lainnya kalian bisa coba sendiri.


Selamat mencoba.