Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tool Sakti Format Painter Pada Microsoft Word

Menu Pada Microsoft Office

Menu adalah induk dari beberapa fungsi yang dikelompokan. Menu dibuat ketika sebuah fitur atau fungsi tertentu menjadi banyak sehingga perlu dikelompokan agar lebih rapih. Semua aplikasi pasti memiliki menu termasuk aplikasi pada microsoft office. 


Letak menu pada umumnya berada dibagian atas, begitupun pada microsoft office seperti Word, Excel, Powerpoint, menu tersebut dinamakan menu bar atau baris menu / Tab Menu seperti Home, Insert, Layout dan sebagainya.


Command (Perintah)

Pada microsoft office terdapat command atau alat untuk memerintah, isi dari tab menu atau menu bar dinamakan command. Ada beberapa command pada menu home, seperti font, paragraph, styles dan sebagainya. 


Di dalam command tersebut terdapat fungsi – fungsi yang bisa kita jalankan yang umumnya disebut tool, dimana tool tersebut digunakan untuk membantu kita dalam mempergunakan microsoft word. 


Menu Home

Tab menu home adalah menu yang digunakan untuk menunjang penulisan pada microsoft word, berbagai tool pada menu home sangat sering digunakan dan salah satu menu penting dalam menjalankan microsoft word. 


Di dalam tab menu home, yang kita pakai Office v2019 terdapat tools yang dikelompokan menjadi 5 bagian diantaranya :
1. Clipboard

2. Font

3. Paragraph

4. Styles

5. Editing


Fungsi dan Cara Menggunakan Format Painter Pada Menu Home

Pada bagian ini kita akan menjelaskan mengenai format painter yang berada di command clipboard. 


Format Painter difungsikan untuk menirukan sebuah format text, tata letak, jenis, warna dan sebagainya. 


Dengan menggunakan format painter kita tidak perlu set dari awal karena hanya dengan memakai format painter kita bisa meniru, merapihkan baris, terlibih jika sudah banyak text yang harus kita ubah bentuknya maka dengan mudahnya cukup menggunakan format painter.




Cara Menggunakan Format Painter :

  • Seleksi atau block pada text yang ingin ditiru formatnya

  • Selanjutnya klik ganda tombol format painter untuk mengaktifkannya. Jika sudah aktif format painter akan terlihat seperti diblock atau warna berubah.

  • Kemudian arahkan kursor ke text yang akan diubah formatnya, dengan cara : Klik tahan pada text yang ingin diubah formatnya >> Lalu geser (untuk melakukan block atau seleksi). Contoh seperti gambar dibawah ini :

  • Setelah text yang ingin diubah formatnya terblock >> Kemudian lepaskan klik, maka secara otomatis format text akan berubah seperti pada text diatasnya. Gambar hasil format painter pada text No. 2


Dengan menggunakan format painter kita tidak perlu lagi setting tata letak, pewarnaan, penomoran, secara otomatis akan mengikuti format sebelumnya, dengan ketentuan kita block dulu format yang ingin kita contek atau tiru, kemudian klik ganda format painter, terapkan hasilnya ke text yang ingin kita ubah formatnya.


Format painter bisa digunakan ketika tata lelak pada text tidak bisa kita tiru secara manual. Terkadang ada sebuah masalah yang mana jika dituru secara manual, hasilnya tidak sama, atau ingin melakukan banyak perubahan sekaligus pada format textnya, anda gunakan saja format painter, atau jika anda ingin merapihkan hierarki tulisan yang berkaitan dengan tata letak maka gunakan tool tersebut.


Apalagi jika terjadi problem ketika anda membuat skripsi, letak hierarki atau jenis hurufnya tidak sama, perlu sekali anda gunakan format painter ini, janagn melakukan perubahan secara manual suapaya mempercepat waktu kerja yang sudah ditargetkan. 


Merapihkan hierarki tulisan, tata letak tulisan bukan hal yang mudah jika sudah banyak yang kita ketik, gunakan cara cepat, dengan masalah tersebut format painter bisa mengatasinya.


Selamat mencoba.