Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut 4 Jenis Fungsi Software

Sejarah Software (Perangkat Lunak)

Perkembangan software telah dimulai sejak terciptanya komputer elektronik. Perangkat lunak pertama kali digagas pada pertengahan tahun 1800-an oleh Charles Babbage. Namun, baru dikenalkan secara resmi kepada khalayak pada tahun 1935 oleh Alan Turing melalui esainya yang berjudul "Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung."


Alan Turing yang merupakan seorang ahli matematika menjadi orang yang pertama kali mencetuskan bahwa komputer dapat menjalankan bermacam -macam program dan digunakan untuk berbagai keperluan. Selain itu, pada tahun 1930, Alan Turing juga menjadi penemu dari mesin Turing yaitu sebuah lalat yang dapat menjalankan serangkaian perintah.


Sementara untuk kata "Software" sendiri dicetuskan oleh john Tukek yang berprofesi sebagai ahli matematika pada tahun 1958. Dalam perkembagannya perangkat lunak dibagi ke dalam empat era di antaranya : Era Pemula, Era Stabil, Era Micro, Era Modern.


Penjelasan Software

Software atau perangkat lunak adalah sebuah aplikasi yang membantu pengguna atau user (Brainware) dalam menjalankan sebuah device baik device komputer maupun mobile. Dengan adanya software kita bisa berkomunikasi dan menggunakan hardware (perangkat keras). Software tidak memiliki bentuk fisik, hanya berupa grafis yang membentuk sebuah gambar.


Tanpa software kita tidak dapat mempergunakan hardware komputer, mobile, dan tidak bisa melihat grafis atau gambar yang ditampilkan oleh monitor. Oleh karena itu software berperan penting sebagai mediator komunikasi antara hardware dengan user.


Software dan hardware komputer tidak bisa dipisahkan, keduanya adalah hal penting dalam dunia komputer. Software bisa berjalan karena adanya support dari hardware, yang mana keduanya dibuat oleh manusia.


Pembagian Software, 4 Jenis Fungsi Software

Software atau perangkat lunak berdasarkan fungsinya dibagi menjadi empat, di antaranya :

1. Software Sistem Operasi 
Software Sistem Operasi atau OS (Operating System) adalah software (perangkat lunak) yang berfungsi untuk mengelola program dan mengolah proses di dalam komputer.  


Sistem Operasi mengatur sumber daya terorganisir dari perangkat keras dan perangkat lunak, tanpa sistem operasi pengguna tidak bisa menjalankan program aplikasi pada komputer atau handphone, keculai Booting (proses menyalakan).
Alur Sistem Operasi.



Contoh Software Sistem Operasi : Macintosh, Windows, Linux, Android, dsb.



2. Software Aplikasi 
Software Aplikasi adalah program aplikasi yang dibuat untuk membantu berbagai jenis pekerjaan manusia. Seperti untuk menghitung data kita bisa menggunakan Microsoft Excel, membuat formulir atau surat bisa menggunakan Ms Word, membuat presentasi menggunakan Ms Power Point, membuat design Vector dengan Adobe Illustrator atau Corel Draw, membuat bitmap (Edit Foto) menggunakan adobe Photoshop.

Contoh Software Aplikasi : Microsoft Office, Adobe Software, Corel Draw, dsb.



3. Software Bahasa Pemrograman
Software Bahasa Pemrograman adalah software bahasa komputer yang digunakan untuk merancang dan membangun program aplikasi baik pada device mobile maupun desktop. 


Software bahasa pemrograman meyediakan text editor untuk menulis program dan runing pada aplikasi tersebut, sampai menghasilkan sebuah aplikasi. Software bahasa pemrograman termasuk ke dalam IDE (Integrated Development Environment).

Contoh Software Bahasa Pemrograman : Delphi, Visual Studio, Java NetBeans, C++, Pascal, dsb.



4. Software Utility
Software Utility (program bantu) adalah software yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja komputer. Software yang membantu sistem kerja komputer. 


Seperti untuk memberisihkan data bisa menggunakan Ccleaner, mengubah data atau menyatukan data menggunakan WinRAR, membagi memori menggunakan EaseUS Partition Master, meniadakan virus menggunakan Avast anti virus, mendiagnostik dan menganalisa kinerja komputer baik processor, kartu grafis, disk, koneksi internet menggunakan SiSoftware Sandra, mengkomunikasikan komputer dengan hardware menggunakan Software Driver.

Contoh Software Utility : Software Driver (Device Manager), Ccleaner, anti virus, WinRar, EaseUS Partition Master, Sisoft Sandra, dsb.



Untuk mendapatkan software atau aplikasi ada beberapa versi.

  • Versi Berbayar (Aplikasi Harus Dibeli).
  • Versi Trial (Aplikasi Gratis Namun Hanya Sementara).
  • Versi Free (Aplikasi Gratis).
  • Versi Bawaan Device Pabrikan (Gratis).