Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen - Komponen Perangkat Penyusun Komputer Bagian 2

Komponen - Komponen Penyusun Komputer

Terdapat 3 bagian komponen - komponen perangkat penyusun komputer, yaitu :

  • Hardware (perangkat keras), 
  • Software (perangkat lunak), dan 
  • Brainware (user/pengguna).


Sedangkan untuk perangkat penyusun komputer secara garis besar dikelompokkan menjadi dua, yaitu: 

  • Hardware (perangkat keras) dan
  • Software (perangkat lunak).

Hardware (perangkat keras). Secara garis besar hardware dibagi lagi menjadi tiga, yaitu : 

  • Perangkat input (masukan), 
  • Pengolah data (process),dan 
  • Output (keluaran).

Perangkat Input (Masukan)

Keyboard 

Keyboard adalah alat untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. 

Umumnya keyboard atau alat ketik Komputer lebih lebar dan tombol yang disediakan lebih banyak. Tetapi bukan hanya untuk komputer keyboard bisa digunakan untuk laptop. Kabel penghubung yang digunakan oleh keyboard adalah USB Type A dengan Versi 2.0 atau 3.0 dan bahkan ada juga yang menggunakan bluetooth atau Nirkabel.

Gambar Keyboard Komputer


Mouse 

Mouse lebih fleksibel dari pada keyboard. Jika keyboard hanya mampu meng-input tulisan dan kombinasi perintah. Sedangkan mouse berfungsi sebagai pengendali penunjuk pointer, mouse mampu menggambar, membuat sketsa, melakukan pilihan dengan klik, dan lain – lain. 


Kabel penghubung yang digunakan oleh Mouse adalah USB Type A dengan Versi 2.0 atau 3.0 dan bahkan ada juga yang menggunakan bluetooth atau Nirkabel.

Gambar Mouse



Power Supply 

PSU (Power Supply Unit) adalah bagian dari perangkat komputer yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke semua perangkat computer. Power supply mengubah arus AC (Alternating Current = arusnya bolak-balik) menjadi DC (Direct current = arusnya searah). 
Terdapat Standarisasi pada power supply diantaranya :
80 Plus, 80 Plus Bronze, 80 Plus Silver, 80 Plus Gold, 80 Plus Platinum, 80 Plus Titanum (Paling Tinggi).

Gambar Tier Standarisasi PSU


Gambar Power Supply


Optical Drive 

Optical Drive atau CD/DVD ROM adalah perangkat yang digunakan untuk membaca kepingan CD/DVD. Optical Drive onboard (Tanam) pada komputer sedangkan di laptop era modern optical drive sudah tidak disediakan secara onboard, tetapi bisa di pasang secara external. 

Dan kalaupun tersedia slot optical drive di laptop biasanya mereka akan menggantinya dengan caddy drive yang di isikan memory HDD atau SSD.

Gambar Optical Drive


Scanner 

Scanner mempunyai cara kerja yang hampir sama seperti fotokopi. Berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner berfungsi merubah hard file menjadi digital file yang dapat diolah di komputer, artinya kita bisa mengambil gambar fisik dan merubahnya ke gambar digital.

Gambar Scanner


Modem

Modem kepanjangan dari Modulator Demodulator adalah alat yang menghubungkan komputer dengan internet. Modem mengubah sinyal analog ke sinyal digital, guna menyambungkan ke jaringan internet, melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi.

Gambar Modem




Fan PC

Fan PC adalah kipas angin untuk mendinginkan casing PC di bagian dalam baik itu casing, motherboard dan sebagainya. Fan diletakan di dalam Casing, Umumnya kabel fan menggunakan kabel molex 2 pin 4 pin 6 pin Female.
Gambar Fan PC.

Fan PC 8cm/80mm DC 12v for Pc CPU


Fan Heatsink

Fan Heatsink adalah 2 hardware yang berbeda, heatsink merupakan perangkat pendingin yang terkadang dilengkapi dengan fan. Fan Heatsink diletakan diatas processor. 

Fan Heatsink atau Cooler Processor diperuntuhkan untuk meredam hawa panas pada processor. 

Gambar HSF Cooler RGB


Gambar Heatsink



Perangkat Pengolah Data (Process)

Motherboard

Motherboard (Papan Ibu) atau Mainboard (Papan Utama), PCB (Printed Circuit Board) adalah sebuah papan circuit utama tempat dipasangnya komponen - komponen komputer seperti VGA (Video Graphics Adapter) card, LAN Cards (Local Area Network), Memory RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory), TV Tuner, Video Card, dan lain sebagainya. 


Motherboard adalah sebagai media tempat untuk menghubungkan komponen - komponen hardware agar komputer dapat bekerja.
Gambar Motherboard


Processor 

Processor atau juga disebut dengan CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah perangkat hardware yang melaksanakan perintah (instruksi) serta mengolah data dari software. Secara umum ia adalah otak atau jantung sebuah komputer. Processor saat website ini dibuat hanya ada 2 Brand yaitu Intel dan AMD keduanya masing – masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Gambar CPU(Central Processing Unit)
Intel Core i9 9900X X series (Core i9 Generasi 9)


Hard Disk Drive (Memori ROM)

HDD (Hard Disk Drive) merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar dan terintegrasi. 


Sebagai penyimpanan data bersifat permanen. Data yang disimpan dalam hard disk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. HDD mempunyai kecepatan membaca dan menulis Data rata-rata 60 MB/s.
Slot dari HDD adalah Female Sata 22 PIN
Gambar HDD (Hard Disk Drive)


Solid State Drive (Memori ROM)

SSD (Solid State Drive) adalah perangkat penyimpanan sekunder yang menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi menggunakan memori flash, SSD tidak memiliki cakram seperti pada HDD. 


Karena SSD tidak menggunakan piringan cakram maka SSD lebih tahan terhadap guncangan fisik, memiliki waktu akses yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah. SSD mempunyai kecepatan membaca dan menulis Data rata-rata hingga 550 MB/s

Gambar SSD (Solid State Drive)


Gambar SSD Model : M.2 NVME PCIe


Memori RAM

RAM (Random Access Memory) atau Memori akses acak adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data dalam memori tersebut. RAM berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat sementara.


RAM berlawanan dengan ROM alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. RAM digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif.


Ada 2 Jenis Memori Ram yaitu untuk Komputer dan laptop, untuk komputer kita gunakan memori RAM jenis DIMM (Dual In-line Memory Module). Jenis RAM ini dipakai di PC dekstop. Sedangkan untuk Laptop digunakan memori RAM jenis SODIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module), ukuran SODIMM tentunya kecil karena diperuntuhkan untuk laptop.

Gambar Memory RAM DIMM (For Computer)
APACER TEX DDR4 8GB DIMM 2666Mhz 1x8GB - Apacer DDR4 8GB



Gambar RAM SODIMM
Crucial DDR3L 4GB 8GB 12800 / 1600MHz LAPTOP / NB SODIMM PC3L-12800S 1333MHZ PC10600ORIGINAL



VGA Card

VGA Card merupakan bagian komputer yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA Card layar komputer tidak akan menampilkan apapun atau blank. 


VGA Card sendiri ada yang berupa slot tambahan artinya kita bisa upgrade VGA Card, ada pula bawaan produsen dari motherboard atau disebut juga VGA on board artinya VGA tersebut tertanam dan kita tidak bisa Upgrade VGA-nya.

Gambar VGA Card
GT 620 1GB DDR3 64bit


Sound Card

Sound Card adalah perangkat untuk mengeluarkan Audio dari komputer ke speaker aktif. Seperti VGA Card, Sound Card ada yang berupa slot tambahan artinya kita bisa ganti sound card, ada pula bawaan produsen motherboard atau disebut juga Sound Card on board artinya kita tidak bisa menggantinya karena tertanam.

Gambar Sound Card



Perangkat Output (Keluaran)

Monitor 

Monitor adalah perangkat grafis untuk menampilkan semua yang sedang berjalan di komputer baik berupa text, gambar, video secara visual. Monitor memiliki resolusi yang berbeda – beda dalam menampilkan visual.


Misalnya sebuah layar monitor 17 inci memiliki resolusi 1024x768. Inci sendiri merupakan ukuran diagonal pada sebuah monitor, sedangkan resolusi atau dimensi merupakan lebar dan tinggi monitor.
Gambar Monitor
LG Full HD LED Monitor


Printer

Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak (print out) dengan media kertas. Hasil dari cetakan tersebut kita bisa sebut dengan Hard Copy (File dalam bentuk fisik) sedangkan file yang masih di dalam komputer kita sebut Soft Copy (File yang tidak berwujud).

Gambar Printer
Printer Epson L1250 Single Function Print - Wireless WiFi


Speaker Aktif

Speaker aktif adalah media untuk menghasilkan suara. speaker merupakan transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio melalui penggetaran komponen yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang suara.
Gambar Speaker Aktif
Model : F-017. Material : Woofer speaker. Speaker : 2,5 inch. Size : 75x105x140mm. Power supply: DC5V/USB 5V