Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Manual dan Lakukan Hal Ini Sebelum Merakit Komputer

Buku Manual 

Buku manual perangkat adalah buku petunjuk untuk mengenal sebuah perangkat (Device), mengetahui hal – hal yang didukungan oleh perangkat tersebut dan mengetahui susunan yang ada pada perangkat.

Buku manual komputer memuat informasi tentang spesifikasi perangkat, kompatibilitas (perangkat yang didukung), dimensi (ukuran dan berat), konsumsi daya yang dibutuhkan, dan juga perlengkapan aksesoris yang diberikan.


Fungsi buku manual pada perangkat komputer untuk membantu kita mengetahui lebih jauh tentang karakteristik perangkat tersebut.


Memastikan Buku Manual Pada Perangkat

Pastikan setiap perangkat baik hardware maupun software terdapat buku manual. Biasanya buku manual satu paket dengan hardware atau software yang kita beli. Pastikan buku manual yang kita pegang sama persis dengan merk dan nomor seri perangkat yang ada.

Solusi Jika Buku Manual Hilang

Apabila buku manual perangkat hilang, pastikan kita tahu merk dan nomor seri perangkat. Kemudian kita bisa mencari lewat online menuju ke website resminya atau ke website lain yang menyediakan buku manual perangkat tersebut. 

Langkah – Langkah Penggunaan Buku Manual Perangkat Komputer

1. Daftar Isi
Lihat pada bagian daftar isi terlebih dahulu. Pada bagian daftar isi memudahkan kita melihat judul dan nomor halaman, Sehingga kita bisa langsung menuju ke halaman yang kita butuhkan tanpa membuang - buang waktu.

2. Prasyarat (System Requirements)
Lihat pada bagian prasyarat (system requirements) untuk mengetahui persyaratan apa saja yang diperlukan agar bisa menjalankan perangkat tersebut.

3. Kompatibilitas
Lihat pada bagian kompatibilitas untuk mengetahui perangkat tersebut support dengan perangkat apa saja.

4. Penampang (bagan)
Lihat pada bagian penjelasan penampang (bagan) dari perangkat tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dengan pasti posisi soket-soket atau slot dan bagian-bagian yang lebih detail dari perangkat tersebut.

5. Instalasi (Installation)
Lihat pada bagian instalasi (installation) perangkat untuk mengetahui cara memasang atau menggunakan perangkat tersebut.

6. Fitur (Features)
Lihat pada bagian fitur (features) untuk mengetahui fitur-fitur atau kemampuan apa saja yang dimiliki oleh perangkat tersebut.



Lakukan Hal Ini Sebelum Merakit Komputer

1. Tempat
Persiapkan tempat berupa meja, pastikan meja tersebut dalam keadaan kering, bersih dan terang.

2. Perlengkapan
Siapkan perlengkapan atau tool, alat - alat yang diperlukan untuk menyusun perangkat komputer. Simpan alat – alat tersebut pada meja yang sudah disiapkan.

3. Hardware Komputer
Persiapkan hardware - hardware komputer yang akan di rakit. Pastikan hardware – hardware tersebut di dukung oleh Motherboard (Motherboard sebagai wadah dari komponen hardware yang melakukan processing).

Pastikan motherboard tersebut di dukung oleh Casing CPU, jika kita membeli terpisah kita harus pastikan casing cpu-nya mendukung motherboard tersebut.

Simpan hardware tersebut pada meja yang sudah disiapkan.

4. Buku Manual
Siapkan buku manual perangkat komputer untuk petunjuk instalasi.

5. Software Operating System (OS)
Pastikan kita sudah memiliki file OS yang sudah di burning.
Setelah komputer terpasang dan menyala selanjutnya kita instal OS, jika OS sudah berjalan pada komputer maka sudah dipastikan kita berhasil merakit PC tersebut, tinggal berikutnya mengisi aplikasi yang dibutuhkan pada komputer seperti Software Driver, Software Office dsb.


Dukungan Hardware

Semua komponen perangkat komputer bisa berjalan dengan baik tergantung support atau dukungan dari motherboardnya, oleh karena itu pastikan buku manual pada motherboard jangan sampai hilang. 

Jika buku manual motherboard hilang kita harus tahu merek dan seri motherboard tersebut, kemudian cari tahu panduan motherboard melalui webisite resminya .

Jika kita ingin membeli Spesifikasi Processor dan Graphic card-nya sesuai keinginan, maka perlu cari tahu motherboard yang mendukung perangkat tersebut. 


Cari Tahu Informasi dan Spesifikasi Hardware Sebelum Membeli

Sebelum membeli hardware komputer, kita bisa megetahui informasi dan spesifikasi melalui media online mulai dari sosial media, market place (e - commerce), lalu selengkapnya cari tahu via website resminya.