Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memberi Password Sidik Jari Pada HP

Fitur sidik jari HP kian marak, semua brand HP sudah menerapkan fitur sidik jari, bukan hanya itu saja tempat sensor sidik jari pun beragam, ada yang menempatkan sensor sidik jari di layar, ada pula dibagian tombol power, ada pula di bagian belakang casing HP.


Fitur Sidik Jari masih trend digunakan karena selain responsif, fitur sidik jari ini sensitif dan tidak bisa di manipulasi karena setiap orang mempunyai sidik jari yang berbeda, meksipun orang itu kembar, tapi sidik jari pasti berbeda, oleh karenanya sidik jari selalu diperhitungkan dalam dunia tech.


Meskipun saat ini sudah ada fitur lainnya yaitu password berdasarkan Pengenalan Wajah, ada pula berdasarkan Retina Mata. Tapi tetap saja fitur sidik jari tetap diperhitungkan karena selain UNIQ dia jelas, karena sidik jari diidentifikasi dengan sentuhan.


Adanya fitur tersebut disediakan demi keamanan dan kenyamanan pengguna ketika memiliki handphone. Terkadang letak sensor sidik jari pada HP tidak sesuai yang kita harapkan tetapi bukan itu pointnya, yang terpenting HP kita sudah menerapkan fitur password sidik jari. Adapaun letaknya itu relatif.


Password Pola, PIN atau Sandi bisa kita lewati jika kita menggunakan password sidik jari. Jadi alurnya password pola, pin atau sandi yang dibuat adalah password bantu ketika sidik jari tidak bisa dideteksi.



Pada kasus ini kita sudah ada password pola namun tidak menggunakan password sidik jari, padahal fitur sidik jari sudah disediakan oleh pabrikan HP, jika disediakan fitur sidik jari sebaiknya kita pergunakan, karena walau bagaimanapun fitur sidik jari sangat bermanfaat untuk kemanan handphone. 


Dengan menggunakan fitur sidik jari kita bisa membuka HP hanya dengan sekali sentuh. Alhasil ini sangat berguna dan mempermudah pemilik HP. Sementara orang lain tentu tidak akan bisa membuka HP kita.


Berbeda dengan fitur password Pola, PIN dan Sandi, fitur password sidik jari lebih simple dan mudah dipergunakan karena hanya dengan sekali sentuh, namun ada pula Device HP yang susah mendeteksi sidik jari, hal itu terjadi karena jari kita basah atau kotor, atau jika tidak bisa mendeteksi sama sekali kemungkinan sensor sidik jari rusak, atau kita belum menambahkan sidik jari ke dalam pengaturan handphone.

Berikut cara untuk menambahkan Fitur Sidik jari pada Handphone.

Buka HP >> Ke Menu Setelan (Gambar Gear) >> Klik Sandi & Keamanan (Password & Security).


Pada halaman Sandi & kemanan. Klik Kunci dgn sidik jari.


Selanjutnya kita diminta untuk memasukan pola. Setelah itu masukan pola yang sudah kita buat sebelumnya.


Tambahkan sidik jari, pastikan jari anda menuju ke sensor sidik jari yang ada pada HP. Untuk password yang akan dibuatkan sidik jari (bebas), bisa menggunakan sidik jari telunjuk atau jempol dsb.


Setelah meletakan jari anda ke alat sensor sidik jari yang ada pada HP, maka tampilan Layar akan berubah dengan gambar sensor sidik jari.


Selanjutnya sentuh sensor sidik jari pada HP sampai gambar sidik jari pada Layar berubah menjadi warna biru secara penuh.


Selanjutnya kita diperintahkan untuk menggeser jari ke bagian pinggiran sensor, ini bertujuan agar daya baca sensor sidik jari menjadi lebih sensitif ketika di sentuh oleh jari kalian.


Setelah perintah di atas terpenuhi, kemudian akan menampilkan lagi gambar sidik jari, lalu sentuh lagi sensor sidik jari pada HP kalian, sampai gambar sidik jari pada layar dipenuhi dengan warna Biru.


Jika semua sudah terpenuhi maka kita sudah berhasil menambahkan fitur sidik jari pada HP.
Selanjutnya Klik Selesai.


Kemudian kita dibawa ke halaman Setelan sidik jari. 
Klik Kembali dengan menekan panah kiri, jika tidak ingin melakukan penambahan password sidik jari.


Sampai disini kita sudah berhasil menambahkan password dengan sidik jari. Dengan menambahkan password sidik jari kita dipermudah ketika membuka Handphone. Tidak perlu berlama – lama dengan sentuhan sidik jari HP kita bisa terbuka. 


Namun jangan hawatir ketika sidik jari tidak terdeteksi atau tidak terbaca oleh sistem, kita bisa gunakan pola, pin, atau sandi oleh karena itu sebelum membuat password sidik jari pastikan kita sudah membuat password berupa pola, pin atau sandi.