Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengganti Bahasa & Waktu Kunci Layar Pada HP

Mengganti Bahasa Inggris Ke Bahasa Indonesia 

Ketika membeli handphone baru, biasanya bahasa yang dipergunakan bawaan pabrikan adalah bahasa english, karena bahasa tersebut adalah bahasa internasional. 

Tentu jika ingin merubahnya kita harus beli handphone-nya, tetapi sebelum membeli handphone, pastikan handphone yang mau kita beli sudah tersedia atau support bahasa indonesia.


Umumnya handphone yang sudah masuk ke indonesia sudah disediakan bahasa indonesia, jadi kita tidak perlu hawatir untuk bahasa indonesia, pasti sudah disediakan. 

Jika handphone tersebut masih baru dan ingin merubah bahasanya dari bahasa inggris ke bahasa indonesai, berikut ini caranya. Cara ini berlaku pada semua handphone, kurang lebih sama :


Buka Handphone >> Cari Klik Menu Settings





Selanjutnya Klik Additional settings (Pengaturan tambahan)



Pada halaman Additional settings. Klik Languages & input



Berikutnya pilih klik languages.
Disini terlihat, dimana bahasa yang dipergunakan adalah bahasa English (united Kingdom)


Pada halaman Languages, cari bahasa yang kita inginkan, tentu dalam hal ini kita akan memilih bahasa indonesia. Agar mempermudah pencarian, scroll kebawah, cari saja yang awalannya adalah  huruf i. Cukup gampang ditemukan karena abjadnya berurutan secara ascending dari a – z.

Pilih Klik Indonesia



Setelah klik bahasa indonesia akan muncul popup persetujuan “Change languages. This settings affects all users on this phone” >> Klik OK



Berhasil sukses, bahasa sudah terubah menjadi bahasa indonesia. Kemudian klik tombol panah kiri dibagian atas untuk kembali.



Saat kembali, pada halaman setelan tambahan, di bagian lokasi masih menggunakan inggris raya. Ini optional, boleh ganti menjadi lokasi negara indonesai atau biarkan saja.



Lokasi ini agar mempermudah dalam mendeteksi pengguna handphone.

Selanjutnya kita bisa check nama – nama dari menu HP, menu sudah berubah menjadi bahasa indonesia. Contohnya menu settings sudah berubah nama menjadi menu setelan.





Waktu Kunci Layar (Lock Screen)

Ketika membeli handphone biasanya layar kunci bawaannya dibatasi 1 menit, jadi setiap 1 menit maka layar akan mati dan terkunci otomatis, itupun terjadi jika layar didiamkan tanpa ada sentuhan, jika kita sentuh layarnya, misal seperti bermain game, maka layar tersebut tidak akan mati. Layar terkunci otomatis dalam 1 menit jika tidak ada aktifitas yang dilakukan pada handphone.


jika kita selalu sentuh layar hp-nya, fitur waktu kunci 1 menit ini tidak akan di eksekusi oleh sistem, jadi hp kita akan selalu menyala. Waktu 1 menit ini di eksekusi atau dijalankan, jika tidak ada aktifitas pada layar hp, entah itu di sentuh atau kita memutar video sehingga grafik pada layar berjalan. 


Dalam mengatur waktu kunci ini tergantung kebutuhan masing – masing. Berikut ini cara mengubah waktu layar kunci pada handphone :

Buka handphone >> Cari dan Klik Menu Setelan





Di halaman setelan kita cari menu Layar Kunci (Lock Screen).



Pilih Tidur (Sleep). Disini terlihat setingan sebelumnya menggunakan layar kunci dengan setingan 1 menit, sehingga setiap 1 menit tanpa menyentuh layar, maka layar akan mati otomatis.



Pada setingan layar terkunci tersebut, ada beberapa pilihan waktu kunci, diantaranya :
15 DETIK, 30 DETIK, 1 MENIT, 2 MENIT, 5 MENIT, 10 MENIT dan JANGAN PERNAH.



Jika kita memilih Jangan Pernah maka layar handphone selalu menyala terus – menerus, meskipun kita tidak menyentuh layar, layar tersebut tidak akan mati.



Pilih sesuai kebutuhan, kami memilih Jangan Pernah, agar layar tidak terkunci meski tidak ada aktifitas pada layarnya. Janagan hawatir layar menjadi menyala terus – menerus jika menggunakan fitur ini, tentu tidak. 

Ketika kita ingin menguncinya maka layar akan terkunci dan layar hp akan mati (mode tidur). Setingan layar menyala terus menerus, ini berlaku jika kita tidak mengunci handphone. Jika dikunci maka handphone akan mati.