Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghapus Password & Membuat Password Baru

Password (Kata Sandi) adalah serangkaian karakter yang digunakan untuk mengautentikasi (identifikasi pengguna) pada sistem aplikasi.


Password pada HP diperlukan untuk keamanan agar orang lain tidak bisa sembarangan membuka HP kita, terlebih ketika kita meninggalkan HP karena sebab lain, atau ketika kita lupa menyimpan HP kemudian ditemukan oleh orang lain. Hal – hal seperi ini perlu kita perhitungkan.


Oleh karenanya Password atau keamanan perlu diterapkan guna meminimalisir keadaan yang tidak di inginkan seperti pada kasus di atas. Hal ini berlaku untuk semua device ataupun aplikasi.


Menghapus Password Pada HP

Hapus password pada HP dilakukan ketika kita membeli HP baru atau kita ingin menjual HP kita, sebelum menjual pastikan kita hapus password yang dibuat sebelumnya, sebelum diserahkan kepada orang lain.


Cara menghapus password pada HP
Buka HP >> Ke Menu Setelan (Gambar Icon Gear) >> Pilih Sandi & Keamanan (Password & Security)


Disini kita telah memakai 2 password, diantaranya : password Pola dan password Sidik Jari, untuk password sidik jari tergantung pada HP kalian, terkadang ada HP yang tidak mendukung fitur sidik jari. Kita akan mulai atur untuk menghapus password yang aktif (dipergunakan) :

Klik Sandi Icon Gembok.


Selanjutnya dibawa ke halaman Gambar Pola, masukan pola yang sebelumnya kita buat atau pakai.


Masuk ke halaman Ganti kunci layar. Disini ada 3  pilihan password yang disediakan oleh pabrikan handphone-nya, diantaranya :

  • Pola adalah password berupa garis yang diarahkan pada node(titik) yang sudah ditentukan sehingga membentuk suatu kerangka, 
  • PIN (Personal Identification Number) adalah password yang hanya berupa angka.
  • Sandi adalah password yang berupa karakter, huruf dan angka.


Penjelasan :
Disini yang terseleksi atau terpilih adalah Pola (ditandai warna biru), artinya password dengan jenis Pola adalah yang aktif atau dipergunakan oleh kita.


Beralih ke bagian bawah
Perlihatkan pola (show pattern) kita sudah buat password pola ON, jika ON diatandai dengan warna biru artinya pola terlihat ketika di gerakan, begitupun sebaliknya jika kita buat dia OFF pola tidak akan terlihat.


Karena kita mau menghapus passwordnya maka lakukan sebagai berikut :
Klik Matikan kunci layar (untuk menghapus password yang dipergunakan)



Akan muncul jendela popup. 
Matikan : “setelah Anda mematikan sandi Layar kunci, sidik jari dan data wajah yang direkam akan terhapus. Anda tidak dapat membuka kunci perangkat dengan sidik jari atau wajah Anda”

Klik OK


Kita akan dibawa kembali ke halaman Sandi & keamanan. Dan disini kita sudah berhasil menghapus password yang aktif. Alhasil HP kita sudah tidak lagi memakai password & Sidik jari.


Membuat Password Baru Pada HP

Setelah kita melakukan hapus password pada HP. Selanjutnya kita membuat password baru, cara ini berlaku ketika kita membeli HP baru atau HP second, ketika belum ada password sebaiknya langsung saja kita buat password untuk keamanan HP.

Buka HP >> Ke Menu Setelah (Gambar Gear) >> Sandi & Keamanan (Password & Security) >> Klik Sandi


Disini pada halaman Setel kunci layar, ada 3 pilihan password, pada kasus ini kita ingin membuat password Pola.

Klik Pola


Muncul jendela popup
Ingat sandi Anda : “Ingat sandi Layar kunci Anda. Jika Anda lupa, Anda harus menghapus seluruh data perangkat, termasuk foto dan kontak, lalu buat yang baru”

Klik Mengerti


Pada halaman Setel pola, kita masukan password pola baru, sebelum membuat pola baru pastikan kalian harus ingat betul polanya, agar jangan sampai lupa pola.


Kita memasukan pola pertama, lihat polanya cukup mudah, ini hanya untuk contoh saja.


Berikutnya kita diperintahkan untuk membuat pola lagi, tujuannya untuk konfirmasi, pastikan pada pola ke 2 ini harus sama dengan pola ke 1, hal ini bertujuan untuk konfirmasi.

Setelah memasukan pola >> Klik Konfirmasi


Setelah itu akan muncul jendela popup.
Tambahkan sidik jari : “Tambah sidik jari untuk buka kunci perangkat”
Pilihan optional, kita bisa klik Batal untuk tidak mempergunakan sidik jari atau dalam hal ini kami memilih mempergunakan sidik jari. 

Klik Tambah


Tambahkan sidik jari, pastikan jari anda menuju ke sensor sidik jari yang ada pada HP masing – masing. Untuk password yang akan dibuat sidik jari (bebas), bisa menggunakan jari telunjuk atau jempol dsb.


Setelah meletakan jari anda ke alat sensor sidik jari (Pada HP), maka tampilan HP akan berubah dengan gambar sensor sidik jari.


Terus sentuh sensor sidik jari pada HP sampai gambar sidik jari berubah menjadi warna biru secara penuh.


Selanjutnya kita diperintahkan untuk menggeser jari ke bagian pinggiran sensor, ini bertujuan agar daya baca sensor sidik jari menjadi lebih sensitif ketika di sentuh oleh sidik jari kalian.


Setelah perintah diatas terpenuhi, kemudian akan menampilkan lagi gambar sidik jari, lalu sentuh lagi sensor sidik jari pada HP kalian, sampai gambar sidik jari pada layar HP dipenuhi dengan warna Biru.


Jika sudah terpenuhi semua maka anda sudah berhasil menambahkan sidik jari pada HP anda.
Selanjutnya Klik Selesai.


Akan dibawa ke halaman Setelan 
Klik Kembali dengan menekan panah kiri, jika tidak ingin melakukan perubahan.